Burn 83, New Fitness Hotspot in Jakarta

posted in: Fitness | 0

Bahagianya Mama Muda Yang Hamil di Masa Kini. Kesadaran berolahraga semakin tinggi seiring dengan tersedianya beragam pilihan. Kemarin aku sempat bikin vlog mengenai gerakan olahraga yang konvensional di gym bersama personal trainer, juga posting olahraga BCE (burn calories exercise) bersama coach Jackie Kezia. Sekarang aku mau sharing olahraga yang baru hit the scene of Jakarta. Namanya Beatbox. Adanya di Burn 83.

 

 

Paling senang kalau ada teman yang buka usaha, terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Seperti Jenn Mulianto (IG @jnfitlete) yang aku kenal dari jaman olahraga bareng di CrossFit Equator, Jenn coaching di Bengkel CrossFit, sampai membuka pusat kebugarannya sendiri, Ways To Fit, di ruko Pondok Indah—yang membantu aku kembali ke berat semula lima bulan pasca melahirkan Delmar—dan kini, ia adalah head coach Burn 83.

 

 

Nah di Burn 83 ini ada satu kelas yang sedang hits banget, Namanya Beatbox.

 

Intinya adalah boxing menggunakan aqua bag digabungkan dengan HIIT (high intensity interval training) dalam sebuah kamar gelap dengan lampu disko (asik!) dengan lagu seru. Kebayang kan asyiknya apalagi kalau rame-rame dengan teman!

 

Kelas ini berlangsung selama lebih kurang 45 menit, 10 ronde, diawali dengan pemanasan, kemudian coach akan mengajarkan beberapa gerakan dasar boxing: jab, hook, dan uppercut yang digabungkan menjadi koreografi mengikuti beat musik.

 

 

Yang paling seru adalah saat dikombinasikan dengan HIIT. Setelah beberapa kali meninju, langsung masuk gerakan seperti burpees, squat, dan lain-lain.

 

1 sesi diperkirakan membakar 650 kalori! Ini tentu tergantung seberapa santai atau intens Mama mengerahkan tenaga dalam setiap tinjuan. Kalau kata Jenn, bayangkan saja orang yang kamu sebelin, pasti ninjunya makin dahsyat, hohoho.

 

Pertanyaan selanjutnya: aman tidak untuk Mama hamil?

 

Selama pertimbangannya sama seperti postingan aku yang sebelumnya (diperbolehkan dokter, kehamilan tidak bermasalah, tidak ada riwayat keguguran, terbiasa berolahraha sebelumnya) maka aman!

 

Mama tidak melakukan sparring, melainkan hanya memukul aquabag sendiri. Tinju juga lebih banyak menggunakan upper body walau sekaligus melatih core. Mama lah yang mengatur sendiri power-nya, yang tentunya jangan keras-keras. Dan saat HIIT, Jenn akan memodifikasi beberapa gerakan yang aman. Contohnya, saat yang lain melakukan mountain climber, Mama dapat menggantinya dengan donkey kicks atau fire hydrants (lihat postingan sebelumnya Olahraga Mama Hamil part 2: Burn Calories Exercise (BCE)) atau melakukan downward dog – plank.

 

Salah satu ronde fokus pada abs. Nah bagian ini di-skip saja karena Mama hamil tidak boleh melakukan gerakan seperti sit up, crunches, dan lain-lain. Mama bisa asik foto-foto sendiri karena banyak spot instagrammable di sana!

 

Oh ya, kalau mau kelas Beatbox, jangan lupa membuat appointment dulu karena slot terbatas, bawa handuk kecil, air minum, dan handwrap. Boxing gloves disediakan di sana.

 

 

Selain kelas Beatbox, akan ada berbagai kelas lain. Will keep you posted!

 

Harga per kelas: harga promo First Timer Class Rp 150.000, promo sampai dengan 22 September.

 

2-3 kelas dalam sehari, Senin – Sabtu. Cek IG @burn.83 atau WA 087784898383.

 

Burn 83

Jl. Wolter Monginsidi no. 83

 

 

Leave a Reply